Jenis Vaksin Yang Menyebabkan Demam Pada Anak

Jenis Vaksin Yang Menyebabkan Demam Pada Anak

Jenis Vaksin Yang Menyebabkan Demam Pada Anak - Vaksin Atau Imunisasi adalah hal yang wajar di berikan kepada buah hati kita, selain memberikan kekebalan tubuh untuk sang anak juga bisa terhindar dari beberapa penyakit yang dapat membahayakan anak selama masa pertumbuhannya. Imunisasi juga merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu penyakit dengan cara memberikan mikroorganisme bibit penyakit berbahaya yang telah dilemahkan (vaksin) kedalam tubuh sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh terhadap jenis antigen itu dimasa yang akan datang.

Jenis Vaksin Yang Menyebabkan Demam Pada Anak

Dibawah ini daftar Vaksin atau imunisasi yang menyebabkan demam pada anak.
1. HIB
Vaksin ini  diberikan untuk melakukan pencegahan penyakit meningitis dan pneumonia. Yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Haemofillus Influenza B. Sangat berbahaya karena telah menyebabkan kematian 386.000 anak tiap tahunnya. Manfaat: Melindungi tubuh dari virus Haemophilus influenza type B, yang bisa menyebabkan meningitis, pneumonia, dan epiglotitis (infeksi pada katup pita suara dan tabung suara).
2. DPT
Imunisasi DPT pada anak-anak diberikan sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) tiap 10 tahun. Vaksin ini merupakan gabungan dari 3 vaksin yaitu Difteri, Pertussis, dan Tetanus (DPT). Difteri merupakan penyakit dari basil Difteri yang bisa menyebabkan kerusakan jantung dan sataf. Pertussis yaitu penyakit batuk rajan yang sangat menular penyakit inj sering juga disebut batuk 100 hari. Tetanus disebabkan oleh jenis bakteri yang disebut dengan Clostridium tetani ditandai dengan kekakuan otot gejala penyakit tetanus hampir sama dengan Epilepsi.
3. Campak
Campak adalah salah satu jenis Penyakit kulit yang menular berakibat fatal terutama pada anak-anak. Menurut penelitian Vaksin ini dapat mencegah infeksi campak hingga 90 persen. Jika menjangkit anak-anak terutama anak dibawah lima tahun, campak bisa berefek fatal. Vaksin campak adalah virus campak yang dilemahkan, sehingga apabila virus tadi diberikan pada anak yang masih mengandung kekebalan campak yang diberikan ibunya selama hamil, maka kekebalan tidak akan terbentuk. Tetapi pada pengamatan, banyak bayi usia 6 bulan sudah terkena campak, yang diduga karena kekebalan yang didapat dari ibu sudah sangat menurun. Oleh karena itu, vaksin campak dapat diberikan mulai umur 6 bulan.

Jenis Vaksin Yang Menyebabkan Demam Pada Anak

Perlu diperhatikan juga, apabila anda berencana untuk memebrikan vaksin kepada anak, kondisi anak harus dalam keadaan sehat, karena apabila anak sedang sakit lalu diberikan vaksin akan berbahaya. Ini dikarenakan bahwa dengan imunisasi maka secara tidak langsung anak diberikan "virus" yang sudah dilemahkan. 

Apabila ada demam setelah pemberian vaksin tersebut diharapkan orang tua tidak panik dan bisa memberikan obat sesuai dengan anjuran dokter.

Sekian artikel mengenai Jenis Vaksin Yang Menyebabkan Demam Pada Anak semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca blog saya. Terima kasih atas perhatiannya, wasallam. 

0 Responses to “Jenis Vaksin Yang Menyebabkan Demam Pada Anak”

Post a Comment